2 Cara Update Driver Windows 10 Secara Manual Dan Otomatis

2 Cara Update Driver windows 10 Pada Sistem Operasi Windows

Sebelum saya menjelaskan cara update windows 10, terlebih dahulu saya akan membahas secara singkat pengertian dari driver dan bagaimana cara bekerjanya suatu driver. Driver adalah sebuah program yang diciptakan untuk memerintah perangkat keras/hard ware agar dapat berjalan dengan benar.

Contoh nya yaitu ketika anda membeli sebuah printer baru dan akan mengeprint dari printer baru tersebut, otomatis printer tidak akan bisa menjalankan tugasnya dengan benar. Karena anda  membutuhkan sebuah driver (biasanya berbentuk CD)  yang harus dihubungkan antara leptop/komputer ke printer. Begitu juga ketika leptop/komputer anda tidak bisa terhubung dengan wifi, maka anda juga harus mengupdate driver wifi windows 10 anda. Hardware dalam komputer anda juga memiliki driver tersendiri seperti vgaspeakermouse, dan lain – lain.

Mengapa Perlu Mengetahui Cara Update Driver Windows?

 

Ketika laptop anda bluescreen sering kali penyebabnya adalah driver yang tidak tepat. Penyebab utama satu-satunya munculnya bluescreen pada laptop adalah driver (berdasarkan pengalaman driver VGA yang paling sering bermasalah ).

Kenapa penyebab bluescreen pada leptop adalah driver? Yap, driver menjadi momok yang paling penting dikarenakan jika driver tidak update atau terlalu update pun tidak baik untuk leptop anda. Maka anda perlu mngetahui bagaimana cara update driver windows agar leptop anda selalu sehat dan dapat digunakan dengan baik.

Bagaimana Cara Update Driver Windows Secara Manual ?

Windows sendiri sudah menyediakan cara dan tools untuk mengupdate driver secara manual agar memudahkan penggunanya. Caranya yaitu:

  1. Search control panel pada windows search. Pilih menu hardware and sound lalu pilih Device Manager.
  2. Pada menu device manager, lihatlah  daftar hardware dan jika anda klik maka akan muncul daftar driver yang di pakai. Untuk update driver, anda cukup pilih hardware lalu klik jika ingin diupdate, lalu pilih driver yang ingin di update dengan cara klik kanan lalu pilih update driver.

 

 

Bagaimana Cara Update Driver Windows Secara Otomatis?

Melakukan update secara manual sebenarnya cukup ,merepotkan, karena anda harus mengecek satu persatu mana driver yang tidak update. Selain waktu dan tenaga yang dibutuhkan juga ketelitian anda saat mengecek driver yang tidak update.

Namun, hal itu tidak perlu anda lakukan lagi. Pada perkembangan jaman yang sudah serba digital ini perusahaan teknologi yaitu iobit sudah membuat suatu tools yang dapat melakukan scanning terhadap semua driver yang terdapat pada laptop / komputer kita. Tools ini akan mengecek dengan sendirinya driver mana yang tidak update, dan anda dapat memilih untuk update atau tidak. Tools ini diberi nama Driver Booster.

Saya akan menjelaskan bagaimana cara update driver windows dengan driver booster dari iobit,

1 ) Download softwarenya pada link www.iobit.com/en/driver-booster.php

2 ) Setelah melakukan instalasi driver booster. Driver booster akan melakukan tugasnya yaitu menscanning untuk mengecek driver mana yang tidak terupdate.

3 ) Jika proses scanning selesai, driver booster akan menampilkan daftar driver yang tidak update. Anda dapat memiliih driver mana yang ingin di update. Setelah itu tekan Update.

4 ) Perlu Anda ketahui beberapa update driver memerlukan reboot / restart untuk mengimplementasi updatenya. Jadi lebih baik anda reboot / restart setelah melakukan update driver dengan driver booster.

Itulah beberapa cara yang dapat anda lakukan ketika akan update driver windows 10 secara manual dan otomatis. Jika anda menyukai artikel ini, likeshare, and subscribe

Related Post to 2 Cara Update Driver Windows 10 Secara Manual Dan Otomatis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *